Administrasi LENGKAP PRAKARYA & KEWIRAUSAHAAN (PKWU) KELAS X, XI, XII

        Akhirnya di tahun 2021 ini saya mengajar kembali Prakarya & Kewirausahaan Kelas X setelah 7 tahun sebelumnya saya berkenalan dengan mata pelajaran ini. Awalnya di tahun 2014 sempat ada perasaan kesal karena diberi tugas mengajar matpel Prakarya. Memang sebagai guru honor, kami harus mau menerima dan siap untuk diberi tugas mengajar maupun tugas tambahan yang mungkin tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan kami. Selain karena faktor ketidaksesuaian jam mengajar pada sekolah tersebut dengan jumlah pendidik yang ada. Alhamdulillah selama 14 tahun mengajar saya sudah merasakan mengajar matpel Prakarya, PLH, Fisika bahkan TIK selain tentu saja matpel Kimia yang memang merupakan bidang saya. 

        Dibalik semua suka dan duka saat mengajarkan matpel tersebut, saya mendapatkan hikmah dan manfaat yang luar biasa yaitu Pengalaman & Ilmu. Bahkan saya dapat berbagi Best Practice dan masuk dalam 100 besar peserta Bimtek K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja) Subdit Kesharlindung 2018 dari pengalaman tersebut. Selain itu ada tantangan tersendiri saat menjalankan tugas tersebut (walaupun sempet nangis juga hahahha) yaitu berusaha memberikan pengalaman terbaik untuk siswa saat belajar dengan saya agar mampu menguasai konsep-konsep pada matpel tersebut.

    Saat itu di tahun 2014, saya mengambil bidang Budidaya dan Pengolahan dalam matpel Prakarya. Alhamdulillah dengan tema "Budidaya Ikan Lele", saya mendapat ilmu dan menjalin silaturahmi dengan Pengusaha sekaligus Penyuluh yaitu Pak Agus. Para siswa di kelas saya pun melakukan kunjungan dan pengamatan ke tempat usahanya dan bahkan mampu memasarkan produk-produk berbahan dasar ikan lele, contohnya Abon Lele. Berikut ini contoh tugas siswa tentang Budidaya Ikan Lele.

        Selanjutnya di tahun berikutnya saya mengembangkan bidang Pengolahan di matpel Prakarya dengan model pembelajaran berbasis Proyek. Siswa secara berkelompok diminta untuk mengembangkan produk makanan yang sehat dan berasal dari lingkungan sekitar rumahnya untuk selanjutnya dipresentasikan di kelas. Saat presentasi itulah waktu yang kami tunggu-tunggu karena susasana kelas berubah seolah-olah menjadi acara botram (makan bersama). Berikut ini dokumentasi pembelajarannya. 



        Matpel Prakarya juga linier dengan serdik bidang Kimia yang saya miliki dan membantu dalam validitas kecukupan jam mengajar di Dapodik. Bagi teman-teman yang kesulitan dalam menyiapkan administrasi pembelajaran Prakarya, berikut ini saya lampirkan tautan untuk mengunduh administrasi tersebut. Terima kasih banyak kepada Pak Zainal yang telah membagikan administrasi tersebut dalam Grup Guru-guru Kimia Jabar. Saya lampirkan juga contoh RPP 1 Lembar Prakarya Kelas X yang saya kembangkan sendiri. Semoga pengalaman saya ini memberikan sedikit gambaran dan tetap semangat berusaha yang terbaik dalam memberikan pengalaman pembelajaran kepada siswa 💪💪😉

Administrasi PKWU Kelas X

Administrasi PKWU Kelas XI

Administrasi PKWU Kelas XII



Komentar

  1. Salam kenal Bu Guru... saya juga baru mengajar PKWU kembali. Dulu 7 tahun yang lalu saya pernah mengajar PKWU ini tapi hanya 1 tahun. Terimakasih Bu..senang bisa menemukan blog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Bu... Semoga bermanfaat yaaa ☺

      Hapus

Posting Komentar

mangga diantos komentarna...

Postingan populer dari blog ini

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Prakarya & Kewirausahaan (PKWU) Bidang Pengolahan KD 3.1.

SOAL AKM REDOKS_ELEKTROKIMIA_ELEKTROLISIS_Korosi KIMIA KELAS XII

PEMBAHASAN CONTOH SOAL PISA IPA untuk PEMBELAJARAN PROSES INDUSTRI KIMIA (PIK) Kelas XI