Air Bisa Mengalir ke Atas

Hukum Fisika menyebutkan bahwa salah satu sifat air adalah mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah karena ada gravitasi Bumi. Namun, ternyata tak selama demikian karena air juga dapat mengalir ke atas. Dengan bantuan pompa tentu saja bisa karena diberi tekanan yang lebih besar daripada gaya tarik Bumi. Namun, secara matematis ternyata tanpa bantuan tekanan tinggi pun air dapat mengalir ke atas. Perhatikan saja tetes-tetes air yang menempel di permukaan kaca luar jendela saat hujan. Butiran-butiran kecil tetap bertahan di tempat bukan? Sementara butiran yang menyatu sehingga menjadi besar mengalir ke bawah. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya tegangan permukaan kaca dengan tetesan air. Jika gaya yang dihasilkan seimbang dengan gaya gravitasi Bumi, tetesan air tidak jatuh. sedangkan pada tetesan air yang besar, gaya yang dihasilkan tegangan permukaan tak cukup kuat menahan beratnya sehingga mengalir turun. Tidak hanya itu, tetesan air secara teori juga dapat merambat ke atas jika tegangan permukaannya sangat besar.

Para matematikawan di Universitas Bristol, Inggris menyatakan jika permukaan digoyang bukan tidak mungkin air mengalir ke atas. Namun, tak semua jenis cairan bisa karena pada getaran tinggi cairan dengan viskositas (kerapatan) rendah akan terurai. "Saat gelombang di permukaan naik, butiran air akan tertekan, namun ia akan merambat naik begitu permukaannya turun," ujar Jens Eggers menjelaskan.

Fenomena ini dapat terjadi pada kemiringan hingga 85 derajat tergantung tegangan permukaan yang dapat dihasilkan dari getaran. Namun, keunikan ini tidak dapat didemonstrasikan pada semua jenis cairan. Air murni mungkin tidak cukup memiliki viskositas yang kuat menahan getaran tinggi. Tetesan cairan yang terlalu tebal juga merambat pelan. Memahami sifat cairan yang fleksibel ini dapat beguna untuk mempelajari berbagai proses biologi seperti pengikatan molekul DNA dan sebagainya.

Sumber : Kompas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Prakarya & Kewirausahaan (PKWU) Bidang Pengolahan KD 3.1.

SOAL AKM REDOKS_ELEKTROKIMIA_ELEKTROLISIS_Korosi KIMIA KELAS XII

PEMBAHASAN CONTOH SOAL PISA IPA untuk PEMBELAJARAN PROSES INDUSTRI KIMIA (PIK) Kelas XI