Menjadi Pendengar yang Baik

Salah satu hal yang paling menyebalkan dalam suatu hubungan adalah mendengarkan keluhan. Menjadi pendengar yang baik menjadi sangat penting dalam suatu hubungan. Menjadi pendengar yang baik mempunyai manfaat ganda. Yang pertama dan terutama adalah membuat pasangan anda merasa diperhatikan karena dia yakin bahwa setiap saat anda benar-benar peduli terhadap apa yang dikatakannya. Itu cara terbaik dan mungkin yang paling efektif untuk menunjukkan bahwa anda tertarik padanya dan memahaminya.

Menjadi pendengar yang baik berarti membuktikan bahwa anda peduli pada perasaan pasangan anda dan bahwa anda mengakui serta menghargai pandangan-pandangannya. Bila merasa didengarkan, seseorang akan merasa dirinya istimewa dan dihargai. Keterampilan mendengarkan dengan baik akan mendorong seseorang untuk membuka diri dan mencurahkan isi hatinya kepada si pendengar, dan oleh karena itu hubungan akan semakin erat.

Satu-satunya menjadi pendengar yang baik adalah berlatih sesering mungkin. Pendengar yang baik bukan hanya berarti bisa mengulangi apa yang baru saja dikatakan pasangan anda tetapi lebih dari itu. Menjadi pendengar yang baik berarti benar-benar “terlibat” dalam pembicaraan, bersikap sabar dan penuh empati. Artinya, pertama-tama anda hars berusaha mengerti apa yang sedang dibicarakan – anda mencernanya tanpa membuat penilaian dan menunggu sampai dia selesai bicara – sebelum mengatakan sesuatu ketika giliran anda.


from : "don't sweat the small stuff in love"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Prakarya & Kewirausahaan (PKWU) Bidang Pengolahan KD 3.1.

SOAL AKM REDOKS_ELEKTROKIMIA_ELEKTROLISIS_Korosi KIMIA KELAS XII

PEMBAHASAN CONTOH SOAL PISA IPA untuk PEMBELAJARAN PROSES INDUSTRI KIMIA (PIK) Kelas XI