MENGHITUNG KECEPATAN CAHAYA DENGAN COKLAT ( 2 )

Oven microwave menggunakan Gelombang elektromagnetik yang terdiri dari medan listrik dan medan magnet. Gelombang yang digunakan termasuk gelombang mikro. Gelombang ini dibangkitkan oleh tabung elektron khusus seperti magnetron. Biasanya tabung elektron tersebut dilengkapi dengan pengatur frekuensi baik berupa resonator, oscillator atau perangkat sejenis. Ketika gelombang elektromagnetik pada microwave mengenai makanan, molekul-molekul pada makanan akan bergetar dan akan menghasilkan panas.

Hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

Kebanyakan makanan mengandung air, Air mempunyai rumus kimia H2O yang terdiri dari O yang bermuatan negatif dan H bermuatan positif. Muatan-muatan ini akan “menyesuaikan diri” merubah polarisasi (seperti jarum kompas yang selalu “mencari” arah utara) ketika terkena pengaruh medan listrik. Karena gelombang pada oven microwave mempunyai frekuensi 2.450 MHz yang berarti bergetar 2.450.000 kali per detik, maka molekul-molekul pada makanan pun bergerak “menyesuaikan diri” dengan sangat cepat. Karena adanya pergerakan molekul ini sehingga menimbulkan panas pada makanan.

Gelombang elektromagnetik pada oven microwave akan dipantulkan oleh dinding oven sehingga akan terbentuk gelombang berdiri. Gelombang berdiri tersebut terdiri dari simpul dan perut. Jika sebatang coklat dimasak pada oven microwave maka bagian yang terkena perut gelombang akan panas dan meleleh sedangkan yang terkena simpul gelombang akan tetap dingin dan padat atau meleleh sangat lambat, sehingga pada coklat akan terdapat pola meleleh-padat. Jarak antara dua bagian yang meleleh merupakan jarak setengah panjang gelombang berdiri yang dihasilkan oven microwave.

Dari fenomena tersebut kita dapat menentukan kecepatan cahaya, dengan rumus sederhana c = λ.f
c = kecepatan cahaya
λ = panjang gelombang
f = frekuensi gelombang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Prakarya & Kewirausahaan (PKWU) Bidang Pengolahan KD 3.1.

SOAL AKM REDOKS_ELEKTROKIMIA_ELEKTROLISIS_Korosi KIMIA KELAS XII

PEMBAHASAN CONTOH SOAL PISA IPA untuk PEMBELAJARAN PROSES INDUSTRI KIMIA (PIK) Kelas XI